Market Flash: iSHARES MSCI Indonesia Investable Market Index Fund (EIDO:US) PRICE: 28.530 USD Down -0.360 (-1.246%) >>> BI: Rupiah Melemah Akibat Kondisi Eropa >>> Pertemuan FED pertimbangkan langkah baru dorong ekonomi >>> KIJA akan Terbitkan MEN Valas USD150 Juta >>> PT Indika Energy Perusahaan Teladan Dunia 2011 >>> Govt Promises Revision of Cost Recovery Regulation >>> BPMigas Demands PGN to Pay US$6 per MMBTU >>> Jababeka to Raise US$150 Million from Debt Markets >>> SCG Chemicals buys Chandra Asri >>> Solusi Tunas eyes Rp380 bio IPO >>> SMR Utama scouts Rp300 bio IPO >>> Alam Sutera picks two bond arrangers >>> ASII Tetap Rajai Penjualan Mobil Agustus 2011 >>> Perusahaan Thailand kuasai Saham TPIA senilai Rp 3,76 Triliun >>> Agis Main ke Tambang, Sahamnya Masuk Dalam Pengawasan >>> ACES Mendekati The Northern Agar Mau Kurangi Kepemilikan >>> IHSG masih harus berjuang terus bertahan diatas MA200 >>> Melirik Peluang Akumulasi di Saham Perbankan >>> Analisa Saham BUMI: Kuat Bertahan & Berpeluang Kembali Uptrend >>> Analisa Saham JSMR: Bertahan Di Support, What Next? >>> INDF Tertahan Di Area Support Kuat, Berpeluang Rebound >>> ASII Break Minor Support, Sell on Strength >>> ADRO Membentuk Descending Wedges, Berpeluang Rebound Terbatas >>> Wall Street ends flat as early gains evaporate >>> Fed begins policy meeting, tiptoes toward easing >>> Fed meeting to help decide on long-term Treasuries >>> Greece Makes 'Good Progress' in Reform Talks: EC >>> China worried Europe debt crisis will hit trade >>> China could roll out 4.65tr yuan stimulus package >>> IMF sees Mideast stagnation >>> NYMEX-Crude ends higher at Oct contract expiry >>> Asian Crude Palm Oil Up On Technical Buying, Soyoil >>> Foreign net Sell - 61.785.746

Jumat, 04 Maret 2011

Berlian Laju Tanker Tbk : Analyst Meeting Report (Unrated) - AAA Securities

Summary:
Di 3Q2010 BLTA telah berhasil membukukan peningkatan pendapatan sebesar 10% qoq yang
mencapai US$497 juta, disebabkan oleh peningkatan pendapatan dari long term chartered tanker yang meningkat sebesar 25% menjadi US$100 juta. BLTA juga telah berhasil menghimpun dana sebesar US$859 juta, yang berasal dari bank loan, sales and leaseback dan penerbitan convertible bond. Dana ini pada dasarnya digunakan untuk memperbaiki struktur pembiayaan perusahaan dengan kondisi yang lebih baik dan lebih sesuai dengan kondisi cash flow perusahaan. Di tahun 2010, BLTA berhasil memenangkan tender Pertamina untuk jasa Very large Gas Carrier (VLGC) dan Kangean Energy untuk jasa Floating Production, Storage and Offloading Unit (FSPO), total nilai dari kedua proyek ini adalah US$190 juta. Di tinjau dari sisi Industri, BLTA diuntungkan dengan keadaan industri sekarang, ini disebabkan oleh eksport kimia di negara Timur Tengah yang meningkat, dan maraknya bisnis migas domestik swasta dan Pertamina. Kedua faktor ini akan mendorong permintaan jasa pelayaran BLTA. Kedua faktor diatas, yakni, outlook pendapatan yang lebih cerah serta struktur pembiayaan
yang lebih sesuai akan membantu BLTA bertumbuh lebih baik di masa yang akan datang.

Financial Performance
BLTA membukukan kenaikan sales di periode 3Q2010 sebesar 10% menjadi US$ 494 juta (3Q2009: US$450 juta) yang disebabkan oleh naiknya pendapatan dari chartered vessel sebesar 25% menjadi US$100 juta dari US$79 juta. Selain itu di kuartal terakhir 2010, BLTA telah berhasil menghimpun dana (fund raising) sebesar US$859 juta. Dana tersebut sebagian besar dari pinjaman bank sebesar US$263 juta, sales and leaseback US$182 juta, right issue US$192 juta dan penerbitan convertible bond US$173 juta. Dana baru tersebut akan memperbaiki struktur pembiayaan BLTA selain juga memiliki persyaratan yang lebih sesuai dengan kondisi cash flow perusahaan saat ini.

Kedepannya dengan outlook industri yang cerah, sales dan juga EBITDA diharapkan akan meningkat. Seiring dengan kondisi kewajiban perusahaan setelah refinancing dilakukan, EBITDA/Debt Service ratio juga akan membaik.

Outlook and valuation
Sebagai operator kapal tanker terbesar di Indonesia khususnya tanker kimia. BLTA masih diuntungkan oleh faktor external. Antara lain adalah: 1) Pertumbuhan industr kimia yang baik, 2) Peraturan perairan (cabotage) yang melindungi pangsa pasar domestik BLTA dari perusahaan asing. 3) Pertumbuhan industri national perkapalan yang signifikan. 4) Brand positioning yang cukup baik di mata international, karena BLTA dikenal sebagai operator tanker terbesar nomer 4 di dunia. Dari segi internal, BLTA memiliki armada yang relatif muda dengan umur rata – rata 7 tahun, serta memiliki jaringan dan jangkauan yang tersebar dibeberapa benua. Semua faktor diatas akan membantu BLTA untuk terus berkembang dan memungkinkannya untuk dapat melunasi beban hutang yang cukup tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar